Saturday, December 13, 2008

Tips surfing di dunia maya

Dunia maya atau internet atau istilah kerennya cyberworld memang sangat menyenangkan untuk dijelajahi. Hampir berbagai kebutuhan yang kita perlukan ada di dunia maya lho..
Mau cari berita up to date? Mau cari video, film, gambar, artikel, duit, komputer, hape, buku, sembako??? atau...


apalah yang ada dipikiran kita, tinggal buka browser trus buka situsnya om Google langsung ketemu deh apa yang mau kita cari! yang penting jangan cari kamu sendiri, gag bakalan ketemu deh..kecuali kamu termasuk orang-orang penting yang layak dicari kayak Tukul yang suka bikin kocak perut...ato Roy Suryo sang pakar telematika satu-satunya di Indonesia???

orang kalo dah surfing di dunia maya kadang suka 'terlena' oleh berbagai macam daya tarik yang ada. sampe mata dah kayak mau jatuh aja tetep asiiik menjelajah..(haha hiperbolis banget..). Atau bisa 'tersesat' oleh navigasi situs yang tidak bertanggung jawab, atau 'kena tipu' suatu program yang nantinya bisa merugikan kita atupun komputer kita.
di sini saya hanya ingin ngasih sedikit tips surfing yang mungkin sedikit membantu atau setidaknya bisa buat refernsi lah..

pertama kali yang perlu dilakukan neh tentu saja menyiapkan kebutuhan apa yang ingin kita cari di internet, jangan sampe deh ke warnet cuma buat maen, tapi kalo gratisan sih terserah mau kpan saja kpengin..

jangan memakai identitas asli untuk melakukan pengisian formulir identitas yang ada di suatu web, kecuali web tersebut dapat dipercaya!ini untuk mencegah pnyalahgunaan id oleh orang" tdak bertanggung jawab, apalagi untuk urusan duit, kyak nomor rekening, kartu kredit, password, PIN dll bisa berabe!

Untuk urusan browser, kalo saya sih lebih suka Mozzilla daripada IE ato Opera ato dll, karena lebih powerfull+respon cepet alias GPL(Gag Pake Lama gitu loch!), buat download juga asik!penggunaan juga user friendly!

Update selalu antivirus terbaru, untuk mndeteksi dan memblock spyware, worm, virus, trojan, malicious program dsb yang bisa membahayakan kmputer

Gunakan fasilitas filter pada email untuk mncegah masuknya email junk/spam yang tidak kita inginkan ataupun program yang berbahaya

Untuk kenyamanan surfing, jangan membuka banyak situs sekaligus, karena akan memperlambat koneksi internet, apalagi yang koneksinya pas-pas an

Terakhir, hapus semua informasi yang disimpan oleh browser setelah selesai surfing. kalo pake Mozzilla klik tools->clear private data atau lngsung tkan tombol Ctrl+Shift+Del pada keyboard untuk memastikan data kita terhapus.

sekian dulu aja deh tipsnya..surf internet comfortable and safelly...

3 comments:

  1. Aq biasa nggo K-meleon om .. soale koneksiku lemot abis .. dadi e ya lumyan cpt buka2 web2 kyk blog jucopas kiye :)) :))

    Btw tambahan untuk maenan di warnet ... krna sebagian warnet dah pk DeepFreeze km sebaiknya restart dahulu sebelum di gunaakan .. biar ga terkena virus ...

    ReplyDelete
  2. deepfreeze emang buat proteksi sih..
    tapi kalo tancepin flashdisk kan bisa kena juga...
    wkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. iyah ...
    makanya komputer na di restart dulu kan .. biar komp kembali ke wkt awal .. (sebelum terinstal macem2)

    jd kn klo mo colok FS dah aman ga ada malicious Script lg .....

    ReplyDelete